Home » » cara menyalin/menCOPY file menggunakan CMD

cara menyalin/menCOPY file menggunakan CMD

cara menyalin/menCOPY file menggunakan CMD ~ haii gaess pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara mengnyalin/mengCOPY file menggunakan cmd. bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan CTRL+C untuk menyalin lalu CTRL+V untuk paste, mungkin cara ini sedikit rumit dan tidak se-efisien/secepat menggunakan CTRL+C, tapi jika tombol CTRL, dan mouse/touchpad anda tidak berfungsi saya sarankan anda menggunakan cara ini, yaitu menyalin/menCOPY file lewat command prompt (CMD). nah langsung saja mari kita simak step by stepnya gaes :

  1. pertama buka cmd dengan cara tekan Windows+R pada keyboard, maka akan muncul kotak dialog RUN, lalu ketikkan CMD pada kotak dialog
    run cmd
    run cmd
  2. lalu akan muncul tampilan cmd
    tampilan cmd
    tampilan cmd
  3. nah saya akan menyalin file blogger.txt dari drive D didalam folder cmd
    letak file blogger
    letak file blogger
  4. ketikkan D: pada cmd untuk masuk kedrive D:
    masuk ke drive D
    masuk ke drive D:
  5. setelah masuk kedrivenya, kemudian saya masuk ke folder yang berisi file yang akan saya pindah untuk masuk kedalam folder cmd perintahnya CD CMD, cd digunakan untuk masuk kedalam suatu folder
    masuk ke folder cmd
    masuk ke folder cmd
  6. sekarang kita salin fileya untuk mencopy file perintahnya copy <nama file> <alamat tujuan> saya akan menyalin file blogger.txt ke drive E dalam folder blog jadi saya ketikkan : copy blogger.txt E:\blog
    file blogger.txt disalin
    file blogger..txt sudah di salin
  7. sekarang kita buktikan apakah benar file sudah disalin di E:\cmd ? lihat gambar dibawah 
    file explorer menampilkan file blogger.txt yang telah disalin
    file sudah disalin
  8. Untuk melihat lewat cmd, apakah file sudah disalin ketikan perintah dir, tapi kita harus masuk dulu ke drive dan juga direktorinya. karena kita copy file ke drive E: dan direktori blog jadi kita masuk dulu ke drive E: dan masuk ke direktori blog lalu ketikkan perintah dir lebih jelasnya lihat gambar dibawah 
    cmd dir
    file sudah disalin dan  muncul pada daftar
  9. Selesaii!!!!

*Sekian Tutorial dari saiya
*Selamat Mencoba Gaess baca juga guys cara melihat isi file menggunakan CMD
*Terima kasih telah mampir ke blog saya dan membacanya sampai akhir, jangan lupa baca post lain saya gaes.
*blogger yang baik adalah blogger yang meninggalkan jejaknya berupa komentar :)

0 comments:

Post a Comment

ads

Translate

Advertising

Powered by Blogger.